Buatlah sebuah chamfer box (panel Create > Geometry > Extended Primitives > Chamfer Box). Parameternya : Length = 200, Width = 150, Height = 20, Fillet = 4, Length Segs = 3, Width Segs = 3, Height Segs = 1, Fillet Segs = 1.
buatlah lagi sebuah chamfer box tapi ukurannya kecil, caranya sama seperti tadi. Parameternya : length =15 Width = 20, Height = 20, Fillet = 2. letakan chamfer box ini di sudut kiri bawah dan atur pula agar menongol sedikit diatas permukaan chamfer box besar.
gandakan chamfer box kecil itu. Caranya dengan mengkilk edit > Clone > di panel atas. Pada menu yang muncul, di rollout Objek pilih Instance, lalu klik OK. Setelah itu geserkan chamfer box baru kesamping
Gandakan lagi chamfer box kecil itu, caranya sama seperti tadi. Gandakan terus sampai tercipta 5 chamfer box berderetan. Atur jarak agar pas dengan chamfer box besar
Gandakan juga deretan 5 chamfer box kecil itu, juga dengan teknik seperti diatas. Geser deretan chamfer box hasil penggandaan dan letakkan diatas deretan chamfer box yang lama.
Gandakan terus sampai tercipta 5 deretan chamfer box ke atas. Aturlah setiap jarak chamfer box agar seragam dengan chamfer box lainnya
Gandakan lagi 2 buah chamfer box, lalu letakkan di sudut kanan atas dari kumpulan deretan chamfer kecil.
Sekarang membuat layar kalkulator untuk itu seleksilah chamfer box besar. Lihatlah dari top viewport, dan tekan F3 untuk melihatnya dalam pola jaring. Setelah itu, klik kanan pada chamfer box besar, dan pada option yang yang muncul pilihlah Convert to Editable Mesh. Pada rollout Selection di sebelah kanan, pilihlah ikom vertex.
Seleksilah vertex-vertex pada ruas segmen bagian atas tengah. Caranya, klik dan tahan pada sudut kiri atas dari ruas vertex itu, lalu drag sampai ke vertex di ujung satunya Dengan demikian seluruh vertex pada ruas segment itu terseleksi
Sekarang seleksilah ruas vertex yang ada ditengah kumpulan deretan chamfer box. Geser ke atas, hingga agak di atas sedikit dari kumpulan chamfer box.
Sekarang seleksilah ruas vertex yang memanjang ke atas di sebelah kiri, caranya sama seperti tadi. Geserlah ruas vertex itu sampai di ujung sebelah kiri kumpulan chamfer box.
Sekarang seleksilah ruas vertex yang memanjang ke atas di sebelah kanan, caranya sama seperti tadi
Setelah itu klik ikon polygon di rollout. Selection di sebelah kanan. Dengan ini, seleksilah bidang lebar yang ada di antara keempat ruas vertex yang tadi di geser.
Kemudia carilah rollout Edit Geometry di bawah rollout Selection. Di situ, carilah option Extrude. Kalau sudah ketemu, pada kotak isiannya isikan nilai -5. Nah bentuk dasar kalkulator sudah jadikan, sekarang membuat nomor tombol
pilihlah tool text (panel Create .> Shapes > Splines > Text). Setelah itu, lihatlah lewat top viewport dan klikan di sembarang tempat. Setelah timbul teks, ketikkan angka “1” pada rollout parameter, ukuranya 15. jangan lupa, atur warnanya jadi putih.
Klik kanan padaangka itu, lalu pilih Convert to Editable poly. Pada rollout Selection di panel kanan, pilihlah ikon polygon, klik kotak di samping ikon Extrude. Isikan nilai Extrusion Heightnya menjadi 2. maka angka itu akan mencuat.
Non aktifkan seleksi dengan mengklik kembali ikon polygon. Lalu pilihlah tool select and move di panel atas. Dengan tool ini, aturlah agar angka itu menempel pada bagian atas salah satu tombol.
Berilah nomor-nomor juga pada semua tombol lainnya. Caranya sama seperti tadi
Jika sudah selesai, hasilnya sudah membentuk sebuah kalkulator ala adita
Wah bisa belajar banyak nih aku. Klo sempat maen ke blog kartun n animasi aku ya . . .
thx mas agung dah mampir d blog q...
ok q akan maen k blog kartunx mas agung..
thanks adita,berkat blognya tugasku jadi juga