Simple Template For Entertainment News

Headline

Support blog

hOt MUSIC


ShoutMix chat widget

Minggu, 05 Oktober 2008

SEMBUNYIKAN DATA DALAM FILE

STEGANOGRAPHY HACKER

Beberapa tahun yang lalu steganography menjadi bahan utama yang banyak dibicarakan oleh kalangan IT dan keamanan negara khususnya cyber law, hal ini disebabkan adanya indikasi bahwa steganography digunakan oleh para teroris dunia sebagai jalan yang dipakai untuk melakukan komunikasi dalam jaringan mereka.
Pihak pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mensiyalir kuat bahwa teroris yang terkait pada serangan 11 September di WTC yang dituduhkan kepada jaringan al qaedah pimpinan Osama Bin Laden, telah menggunakan steganography sebagai alat komunikasi rahasia.
Kejadian Bali Blast juga mengungkit adanya pesan ganjil yang saling di kirimkan oleh Imam Samudra dengan teroris yang sama sebelum kejadian Bali Blast. Pesan yang diterima oleh Imam Samudra merupakan file hasil

Steganography dimana file gambar tersebut diduga sebelumnya telah disisipi dengan pesan rahasia
Walaupun belum terbukti namun dalam perhatian kita menunjuk pada efektivitas steganography sebagai alat penggelapan data.
Sangatlah menarik untuk mengikuti perkembangan cara yang dilakukan pihak-pihak tertentu dalam merahasiakan suatu pesan, namun hal ini tidak terlepas dari kejelian seorang hacker dalam membangun teknik untuk membungkus suatu pesan rahasia menjadi seolah tak pernah ada. Lalu bagaimana kita melakukannya?.. mari kta bedah teknik ini.
Steganography adalah teknik pengamanan data dengan cara menyisipkan data dengan cara menyisipkan data yang hendak dirahasiakan ke dalam data yang ukurannya lebih besar (data-carrier), tanpa mengubah karakteristik data –carrier, sehingga pihak yang tidak berkepentingan tidak dapat mengetahui data yang disisipkan tersebut. Secara kasat mata pesan yang kita sembunyikan dibalik file gambar (.jpg) ataupun audio (Wav) tidak akan tampak tersisipi pesan, sebab dalam penyisipan pesan kedalam file tesebut tidak akan merupakan size (ukuran) ataupun bentuk dari file semula.

MENYEMBUNYIKAN DATA DALAM FILE GAMBAR
Gif Colourmap Steganography adalah suatu teknik untuk menyembunyikan pesan pada file gambar. Sedikit cerita mengenai teknik ini, meyakini bahwa para teroris, sebelum memulai aksinya dalam penyerangan ke WTC, saling mengirim pesan yang ad adi situs porno, olahraga dll.
Ide dari teknik ini adalah urutan dari warna-warna dipeta warna (colourmap) pada sebuah file Gif yang tidak mempengaruhi bagaimana gambar itu ditampilkan. Dua gambar dengan urutan warna yang berbeda pada peta warna akan terlihat sama. Sebuah program, bernama gif yang dibuat oleh Matthew Kwan, akan kita gunakan untuk memperjelas teori diatas. Program ini bekerja dalam dua mode, yaitu : Message Concealment (penyembunyian pesan) dan Message Exaction (pengeluran Pesan) lebih detail mengenai mode tersebut dapat dilihat di bawah :
Message Concealment : Message > optional compression > optional encryption > concealment in image. Dalam program ini ada dua proses utama yang dilakukan, yaitu encoding dan decoding. Encoding adalah proses menyisipkan data teks ke dalam data gambar , dan proses decoding adalah kebalikanya, yaitu “mengambil kembali” teks yang di sisipkan.

MENYISIPKAN DATA DALAM FILE AUDIO
Data juga bisa disembunyikan didalam file audio, hal ini dikemukakan oleh bender et al. hal ini berdasarkan fakta bahwa system pendengaran manusia berada pada range yang dinamis. Dengan meletakan pesan asli seolah olah berupa file audio akan sangat sulit didefinisikan secara biasa, ukuran (size) dari file audio tidak berubah selama file yang disisipkan tidak lebih besar dari file asli, dan bila didengarkan tidak akan merubah suara yang dapat di dengarkan oleh manusia.

STEGANALTYSIS (Cara Penanggulangan)
Steganalysis merupakan cara untuk mendeteksi keberadaa steganography. Atau dengan kata lain steganalysis merupakan pendeteksian informasi tersembunyi yang terdapat di dalam pesan pesan steganographic. Tuijuan dari steganolysis adalah mengidentifikasi paket yang dicurigai, kemudian apakah paket tersebut mempunyai suatu muatan atau tidak. Ada banyak metode berbeda yang digunakan steganalysis untuk mendeteksi steganography, diantaranya adalah stegdetect, S-tools, jphswin, steganography, dll pada dasarnya semua tools tersebut memiliki alogaritma yang mirip.

TOOLS

Kali ini kita menggunakan OUR SCREET (trial version). Mengacu pada gambar, untuk menyembunyikan file text kedalam file gambar langkah-langkahnya : 1. pilh file carier yang anda inginkan (ex : jpg,pic). 2. klik add, pilh pesan yang ingin anda sampaikan (bisa file atau message ). 3. isi passwoard dengan benar. 4. klik hide, kemudian simpan file yang telah terinjeksi (pic_hasil.jpg).









Membuka file steganography (pic_hasiljpg)

Langkah-langkahnya : 1. pilh file yang ada steganographynya (pic_hasiljpg). 2. isi passwoard dengan benar. 3. klik unhide perhatikan file yang tersembunyi, dan klik 2 kali untuk melihat hasilnya. 4. hasil akan terlihat

Begitu juga dengan cara menyembumnyikan file audio. finish

Comments :

0 komentar to “SEMBUNYIKAN DATA DALAM FILE”

Posting Komentar

Followers

 

Copyright © 2009 by tips n trik Powered By Blogger Design by ET